Kue yang tak hanya dibuat dengan cinta namun juga dengan bahan-bahan premium pilihan untuk menciptakan Lapis legit yang benar-benar enak dan juga mengesankan. Pertama kali dan satu-satunya ada wingko didalam lapis legit, Semarang Wingkorolls bukanlah sekedar lezat saja namun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, Mineral besi, vitamin C, Asam folat, Kalium dan fosfor. Paduan antara wingko (kelapa) dengan bahan utama premium lainnya dari kelima varian Semarang Wingkorolls seperti kacang, keju, coklat dan green tea benar-benar pas !

Baker

Follow Us:
+39 02 87 21 43 19
Mon - Fri: 07:00 am - 05:00 pm

Blog

Tugu Muda Jadi Simbol Perjuangan Kota Semarang

Monumen Tugu Muda

Ketika mendengar nama Kota Semarang, mungkin yang terlintas di benak Sobat Wingko adalah Lawang Sewu. Namun ternyata, tak hanya bangunan tersebut yang identik dengan Ibu Kota Jawa Tengah ini. Beberapa meter dari Lawang Sewu, juga terdapat sebuah monumen yang tak bisa dipisahkan dari sejarah masyarakat Semarang dalam memperjuangkan Indonesia. Monumen tersebut adalah Tugu Muda.

Tugu Muda Semarang adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Pertempuran Lima Hari tersebut, merupakan rangkaian dari pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Jepang di Semarang. Pertempuran terjadi pada masa transisi kekuasaan dari Belanda, pada tanggal 15–19 Oktober 1945.

Nah, Monumen Tugu Muda ini merupakan gambaran dari semangat juang dan rasa patriotisme masyarakat Semarang, khususnya para pemuda yang gigih berani, rela berkorban dengan semangat membara dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Tugu Muda yang berbentuk menyerupai lilin ini, memiliki makna semangat juang para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang tak akan pernah padam.

Sementara bentuk Tugu Muda yang berpenampang segi lima, terdiri dari 3 bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pada bagian kaki tugu, terdapat relief dengan 5 buah sangga pilar yang memiliki makna masing-masing Sobat Wingko.

Mulai dari Relief Hongerodeem, yang menggambarkan kehidupan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang yang begotu tertindas. Banyak sekali rakyat yang menderita kelaparan,hingga akhirnya hongerodeem atau penyakit busung lapar merajalela. Kemudian Relief Pertempuran, menggambarkan betapa besar gelora semangat serta keberanian para pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsanya.

Sementara Relief Penyerangan, melambangkan perlawanan rakyat Indonesia kepada penjajahan, agar segera melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Ada pula Relief Korban, yang menggambarakan Pertempuran Lima Hari di Semarang, banyak rakyat yang menjadi korban, dan terakhir Relief Kemenangan yang menggambarkan hasil jerih payah dan pengorbanan yang telah membasahi bumi Semarang.

Rencana pembangunan Tugu Muda ini dimulai pada 28 Oktober 1945. Namun karena pada bulan Nopember 1945 terjadi perang melawan Sekutu dan Jepang, proyek ini menjadi terbengkalai. Awal rencannya, Tugu Muda ini akan dibangun di sekitar alun-alun atau Simpang Lima. Akan tetapi, akhirnya diputuskan untuk membangun monumen tepat di lokasi terjadinya peristiwa Pertempuran Lima Hari tersebut, yakni di pertemuan Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr. Sutomo, dan Jalan Pandanaran, di mana lokasi tersebut bersebrangan dengan Lawang Sewu. Hingga akhirnya Tugu Muda ini selesai dibangun dan diresmikan pada pada 20 Mei 1953, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, oleh Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.

Agar Tugu Muda terlihat lebih elok dan menarik minat masyarakat, Pemerintah Kota Semarang pun membangun sebuah taman dan kolam air yang mengelilingi tugu. Beberapa ornamen pun ditambahkan, seperti air mancur, lampu, sehingga membuat Tugu Muda ini menjadi monumen sekaligus taman Kota Semarang Sobat Wingko. Tugu Muda pun menjadi salah satu landmark Kota Semarang yang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata.

Gravida feugiat nascetur adipiscing metus dolor a cum class curae cum consectetur vel in ut phasellus commodo vestibulum adipiscing nam fringilla scelerisque.

POST A COMMENT