Kue yang tak hanya dibuat dengan cinta namun juga dengan bahan-bahan premium pilihan untuk menciptakan Lapis legit yang benar-benar enak dan juga mengesankan. Pertama kali dan satu-satunya ada wingko didalam lapis legit, Semarang Wingkorolls bukanlah sekedar lezat saja namun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, Mineral besi, vitamin C, Asam folat, Kalium dan fosfor. Paduan antara wingko (kelapa) dengan bahan utama premium lainnya dari kelima varian Semarang Wingkorolls seperti kacang, keju, coklat dan green tea benar-benar pas !

Baker

Follow Us:
+39 02 87 21 43 19
Mon - Fri: 07:00 am - 05:00 pm

Blog

Museum Ranggawarsita Semarang, Kebanggaan Jawa Tengah

Wisata Semarang

Sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia, Kota Semarang memiliki Museum Jawa Tengah Ranggawarsita yang menjadi tempat pelestariaan berbagai aset kebudayaan Jawa, khususnya Jawa Tengah. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita diresmikan sejak 5 Juli 1989, di mana nama Ranggawarsita diambil dari nama seorang pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat yang karya-karyanya dikenal luas oleh masyarakat Jawa.

Sebagai kebanggaan masyarakat Jawa Tengah, Museum Ranggawarsita terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No.1, Kalibanteng Kulon, Kota Semarang. Museum Ranggawarsita memiliki koleksi sejarah yang berjumlah 59.802 buah. Di mana jumlah tersebut terbagi dalam 10 kategori, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Oleh sebab itu, Museum Ranggawarsita menjadi salah satu destinasi wisata edukatif yang cocok untuk dikunjungi oleh para pelajar maupun wisatawan.

Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita berdiri di atas lahan seluas 2 hektar, yang terbagi dalam 4 bangunan. Dimulai dari Gedung A yang menyimpan koleksi wahana Geologi dan Geografi. Di wahana ini, menampilkan beberapa jenis bebatuan yang terdapat di bumi, meteorit, batu alam, batu mulia, stalagtit dan stalagmit. Ada pula wahana tentang Paleontologi (tentang zaman purba), fosil kayu kuno, tulang dan bagian-bagian hewan masa silam.

Sementara pada Gedung B, menyimpan koleksi yang berkaitan dengan Hindu Budha dan sejarah Islam. Selain itu, ada pula fragmen seni hias, bahan terakota, replika kaligrafi, salinan Al-Quran yang ditulis tangan, serta berbagai jenis dan model keramik baik lokal maupun yang berasal dari Cina dan Eropa. Berlanjut ke Gedung C, yang menjadi ruangan khusus diorama perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, seperti Pertempuran Lima Hari Semarang, Peristiwa Palagan Ambarawa, Pemberontakan PKI di Cepu, Serangan Umum 1 maret dan Gerakan Tritura. Pada Gedung D, tersimpan berbagai benda kesenian, seperti wayang, kuda lumping, barongan dan alat musik Jawa. Selain itu juga terdapat hal-hal yang bersifat numismatik, heraldik, dan hibah.

Selain ruang pameran, Museum Ranggawarsita juga dilengkapi berbagai fasilitas. Ada perpustakaan yang menyimpan beragam buku budaya dan ilmu pengetahuan, ada juga ruang audio visual yang didesain seperti bioskop mini. Kemudian ada coin box, yaitu kotak audio yang memperdengarkan cerita rakyat dari Jawa Tengah. Ruang apresiasi juga disediakan khusus untuk digunakan dalam berbagai acara lomba, festival, dan pergelaran budaya. Selain itu, juga terdapat taman bermain, souvenir shop, dan auditorium serbaguna.

Jika museum pada umumnya tutup pada hari Senin, Museum Ranggawarsita ini tetap buka setiap hari Sobat Wingko, bahkan pada hari libur nasional sekalipun. Museum yang sudah memiliki fasilitas standar internasional ini, buka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, kecuali hari Jumat hanya buka sampai jam 11.00 WIB. Sedangkan saat hari libur nasional, seperti HUT Kemerdekaan RI, Museum Ranggawarsita biasanya memiliki agenda khusus untuk menampilkan berbagai atraksi kesenian yang bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya.

Gravida feugiat nascetur adipiscing metus dolor a cum class curae cum consectetur vel in ut phasellus commodo vestibulum adipiscing nam fringilla scelerisque.

POST A COMMENT